Mereka meng”amin”kan do’amu

Manusia terkadang “rakus”, terkadang juga “egois” cuma memikirkan dirinya sendiri, padahal bagaimanapun juga kehadiran orang – orang disekitar kita sangat menunjang akan kemurahan Allah yang Maha Kaya memberikan apa  yang kita impikan apa yang kita cita – citakan apa yang kita inginkan. Contoh kecil, setiap hari “do’a” yang dipanjatkan hanya “khusus dirinya”, dalam shalat 5 waktu, sunat dhuha, tahajjud, bahkan spesial shalat hajat dan bacaan “QS.Al-Waqi’ah” pun khusus untuk dirinya sendiri. Makanya banyak orang yang do’anya begitu khusu’ kelihatannya, amaliyah dan wiridnya tidak putus tapi belum dikabulkan juga do’anya oleh Allah. Sehingga kelihatan dari wajahnya penuh dengan beban pikiran, tidak bahagia, lesu tidak bergairah, dan akhirnya mencap Allah tidak adil, jauh, bahkan menagih janji. Ingat, hati – hati dengan ucapanmu disaat pikiran lagi kalut, masalah lagi bertumpuk.

Hilangkan “ego” sejenak, kosongkan pikiran mementingkan “diri sendiri” walaupun hanya dalam do’a. Luangkan waktu “do’a khusus” untuk ibunda dan ayahanda, bukankah do’a seorang anak untuk orang tuanya begitu hebat, begitu juga do’a orang tua kepada anaknya dapat menembus langit ketujuh.

Luangkan juga waktu “do’a” untuk saudara dan keluarga, orang disekitarmu, siswamu, gurumu, atasan dan bawahanmu, orang yang kamu cintai atau orang yang pernah menyakitimu. Kosongkan pikiranmu dari “ego” dirimu sendiri, karena dari mereka ada ucapan “aamiin”, karena dari mereka ada “do’a”, karena dari mereka ada rezeki, karena dari mereka pun Allah menepati janjiNya.

Itulah salah satu enaknya shalat berjamaah, berdo’a bersama sesudahnya, Imam berdo’a dan meng”amin”kannya, andapun meng”aminkanya, jamaah laki-laki meng”amin”kannya, jamaah perempuan meng”amin”kannya, malaikat meng”amin”kannya, orang yang mendengarkannya diluar jamaahpun meng”amin”kannya,binatang dan pohon meng”amin”kannya, semua makhluk Allah meng”amin”kannya niscaya do’a akan segera dikabulkan.

Demikian juga hikmah sedekah, mengajarkan anda untuk mengamalkan sifat Allah yang Maha Memberi. Semakin sering anda memberi, maka Allah pun akan memberimu lebih dari apa yang anda berikan. Orang yang menerima sedekahmu, akan berdo’a dan meng”amin’kannya, syukurnya orang yang menerima sedekahmu ada do’a kebaikan untukmu, dan sebaik baik do’a adalah do’a “kebaikan” tentunya buat anda yang berbuat baik dan seburuk-buruk do’a adalah do’a “keburukan” tentunya buat anda yang berbuat buruk.

About Kader Khalifah

IT Consultant, Businessman, Teacher
This entry was posted in Update Status. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s