Sedekah adalah cara untuk menjadi kaya

Jangan  pernah berharap untuk meminta sedekah, zakat atau sejenisnya dari orang lain, karena secara tidak langsung anda berdo’a untuk menjadi orang miskin. Tapi berharaplah untuk memberi sedekah atau mengeluarkan zakat, kareana secara tidak langsung anda berdo’a untuk menjadi orang kaya”.

Terkadang dalam keseharian, baik itu di sekolah, tempat kerja atau di rumah kita sering mendapat candaan dari teman atau mungkin juga anda, misalnya : “wah gaji pertama neh, keluarkan zakatnya dulu untuk traktir kita” atau “sudah terima bonus neh, bagi-bagi dong sedekahnya buat kita makan di warung padang” atau mungkin ada bahasa lainnya. Ingat kata “zakat” dan “sedekah”, hati-hati !!!!.

Kenapa saya mengingatkan anda hati-hati..????!!!!, karena sesungguhnya anda telah berdo’a untuk diri sendiri dan untuk teman anda yang lainnya untuk jadi orang miskin. Bukankah zakat atau sedekah itu di peruntukkan terutama untuk yang “miskin”?, coba buka QS.At – Taubah ayat 56 – 60 disitu jelas – jelas diberitahukan siapa – siapa yang berhak menerima zakat : Fakir, Miskin, Amil Zakat, Muallaf, Budak, Orang yang berutang, Mujahidin dan Ibnu Sabil.

Begitu juga sedekah, walaupun sedekah itu bias kepada siapa saja, tapi yang diutamakan adalah orang yang sangat membutuhkannya, disini juga jelas adalah orang yang tidak punya atau “miskin”. Tapi kalau mau sedekah kepada orang “kaya” ya tidak apa-apa, syukurlah, berarti anda lebih kaya dari dia. Yang jelas anda bersedekah.

About Kader Khalifah

IT Consultant, Businessman, Teacher
Gallery | This entry was posted in Update Status and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s